Kuliah Tamu – Cisco System, Inc.

Rabu minggu lalu, Himatektro menerima kedatangan tamu spesial yang berasal dari salah satu perusahaan global bidang jaringan, yakni Cisco System, Inc. Sangat luar biasa, satu minggu sebelum acara diselenggarakan, pendaftaran yang dibuka oleh departemen Dikesma dengan segera terpenuhi kuota. Antusiasme sangat tinggi, mengingat perusahaan yang akan memberikan kuliah tamu adalah satu dari top-class bidang jaringan.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro yakni, Yoga Widhia Pradhana dan perwakilan dari jurusan, Bapak Ketut. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara, Mas Dedi Gunawan, Alumni Lintas Jalur Teknik Elektro ITS.

Meskipun membawa nama Cisco, rupanya mas Dedi tidak menguraikan bagaimana Cisco, tapi lebih spesifik dengan menjelaskan, bagaimana kita dapat berkarir dengan menggunakan sertifikasi yang diadakan oleh Cisco. Sertifikasi yang dimaksud adalah CCIE. Beliau menjelaskan dari awal, apa itu CCIE, bagaimana mencapai CCIE juga apa yang dapat kita peroleh setelah CCIE sudah tercapai. Beliau menunjukkan betapa pentingnya sertifikasi tersebut yang bahkan dari Indonesia hanya terdapat 84 CCIE dengan total pencari tenaga kerja, 500 perusahaan. Yang disayangkan, Indonesia belum begitu menyadari kebutuhan ini, yang ternyata, negara-negara berkembang lainnya telah meningkat dengan pesat jumlah CCIE-nya.

Para peserta kuliah tamu begitu tertarik dengan materi yang dipaparkan oleh Mas Dedi, pertanyaan yang dilontarkan pun lebih dari apa yang ditawarkan oleh moderator. Tanpa menutup kemungkinan, selepas dari kuliah tamu ini dalam beberapa tahun ke depan, akan muncul banyak CCIE dari jurusan Teknik Elektro ITS untuk menjawab kebutuhan pasar saat ini.

About the author: admin