Mahasiswa Elektro Genjot Prestasi

Jum’at, 30 Maret 2012 tim Eco Campus ITS sedang punya ”gawe”. Digelar lomba karya tulis ilmiah bertemakan ITS Hemat Energi yang diikuti puluhan peserta, baik individu maupun tim di kalangan mahasiswa ITS. Peserta diberikan kesempatan untuk menyuarakan gagasannya dalam bentuk poster. Kemudian dipilihlah sekitar 20 poster terbaik yang dipamerkan dan setelah itu dipilih tiga finalis untuk mempresentasikan gagasannya.

Hasilnya adalah dari tiga tim tersebut, dua tim diantaranya berasal dari mahasiswa Teknik Elektro ITS. Tim pertama digawangi oleh Riza Resita dan Pungki Prambodo, sedangkan tim kedua dihuni oleh Aang Pamuji Dyaksa dan M. Fauzan A. Tim pertama membawa gagasan Innovative Efficient Smart (IES) Lamp. Yakni sebuah lampu yang dapat meminimalisir penggunaan listrik. Sedangkan tim kedua menggagas Quantum Lift-ation yang merupakan konsep unik dengan memanfaatkan teknologi induksi magnet dalam implementasi lift. Dengan konsep ini, ITS dapat mereduksi pengeluaran dana listrik untuk lift. ”Yang awalnya dengan lift konvensional mencapai Rp 5 juta, dengan konsep ini bisa mengerucut hingga Rp 500 ribu,” ujar Aang.

Pungki Priambodo yang juga menjadi Sekretaris Departemen Pendidikan dan Kesejehteraan Mahasiswa (DIKESMA) HIMATEKTRO GARUDA 2011/2012 memberikan harapan bahwa ”Sebagai mahasiswa haruslah terus berinovasi untuk membangun Bangsa walaupun dari hal yang kecil.”

About the author: admin