Kunjungan ke ITS Online, Kominfo Musti Lebih Banyak Belajar

Kominfo merupakan salah satu departemen baru yang ada di Himatektro ITS, dan tahun ini merupakan tahun pertamanya. Tentunya di usia yang sangat muda ini masih memiliki banyak kekurangan-kekurangan dan diperlukan pembelajaran yang lebih terutama bagi para staffnya. Untuk mengatasi hal ini, Departemen Hubungan Luar (Hublu) Himatektro memfasiltasi berupa kunjungan ke ITS Online yang mana ranah kerjanya hampir sama dengan Kominfo dan tentunya lebih berpengalaman dibanding dengan Kominfo saat ini. Senin ini (15/10), sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan yang terdiri dari teman-teman Departemen Hubungan Luar (Hublu), Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pun berangkat bersama, seperti dahulu saat masih berada dalam satu departemen. Setibanya di ‘markasbesar’ ITS Online, gedung Perpustakaan ITS Lantai 6, dan langsung mendapat sambutan hangat dari Kru ITS Online. Tanpa basi-basi, Arief Rahman, langsung membuka acara dengan perkenalan, dan dilanjutkan dengan presentasi dari Kru ITS Online.

Di awal, langsung dibahas, ITS Online bukanlah Ormawa bukan pula UKM, melainkan media resmi ITS yang langsung dipimpin oleh seorang Dosen. Didukung 19 Kru yang terbagi menjadi Redaktur, Editor dan Reporter, ITS Online bekerja selama 24 Jam sehari dan seminggu penuh. Yang artinya hampir setiap saat, ITS Online selalu siaga memberitakan info-info terbaru seputar ITS. Berwadahkan website ITS dan ‘Proyek Akbar’ ITS Point, pengembangan setiap individunya berjalan secara kontinyu.

Satu yang menarik bahwa ITS Online merupakan sebuah unit kerja professional, dimana berbeda dengan ormawa yang setiap tahun berganti kepengurusan, ITS Online justru tidak demikian. Sekali masuk, pindahnya suatu orang keposisi lainnya tergantung kecakapan dan kinerja selama waktu sebelumnya. Hal lain yang juga menarik, dimana untuk mencegah tumpang tindih pemberitaan, setiap reporter dikoordinasikan di bawah satu coordinator dalam pertemuan mingguan untuk koordinasi pembagian artikel. Satu yang belum begitu bias diterapkan di redaksi Himatektro ITS.

Cukup banyak hal yang dapat Himatektro ITS pelajari dari ITS Online, khususnya mengenai system kerja yang diterapkan. Ada sekilas pikiran di departemen Kominfo untuk meniru sistem professional layaknya ITS Online, demi memaksimalkan salah satu media cetak yang dimiliki Himatektro.Meski demikian, tentunya perlu kajian lebih luas dan mendalam mengenaihal ini. Menjadi tantangan tersendiri bagi Himatektro ITS, Dapatkah hasil dari Company Roadshow yang diadakan departemen Hubungan Luar diterapkan atau setidaknya dimanfaatkan di Himatektro?

About the author: admin