ELECTRA 2012 Usai, Sang Juara pun didapatkan

Minggu, 11 Nopember 2012, Serangkaian kompetisi dalam ELECTRA 2012 telah usai. Sang juara pun telah didapatkan. Kompetisi ini dimulai pada tanggal 4 Nopember 2012, yang mana merupakan babak penyisihan. Babak ini dilaksanakan di 7 wilayah berbeda di Jawa Timur dan Bali, yaitu: Surabaya, Jember, Pamekasan, Madiun, Lamongan, Madura, dan Bali. Peserta yang mengikuti babak penyisihan ini terdiri dari 358 tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang siswa SMA. Peserta pun disuguhi oleh soal-soal yang terdiri dari soal yang paling mudah, menengah, hingga yang paling sulit. Dan akhirnya terpilihlah 30 tim terbaik yang berhak masuk ke babak semi-final.

Babak semi-final Electra 2012 diadakan di Jurusan Teknik Elektro ITS. Berbeda dengan babak penyisihan, peserta tidak hanya duduk dan mengerjakan soal. Pada babak ini peserta harus masuk ke sepuluh lab yang ada di jurusan Teknik Elektro ITS dalam waktu yang telah ditentukan. Sontak suasana kampus menjadi ramai oleh siswa SMA yang berlarian menuju lab yang telah ditentukan. Di dalam lab, mereka mendapatkan materi dari asisten lab terkait dengan lab yang bersangkutan. Setelah itu mereka diberi waktu 10 menit untuk mengerjakan soal terkait materi yang telah disampaiakan. Selain mengunjungi lab, panitia juga menyediakan 5 pos yang dapat dikunjungi oleh peserta. Pada pos ini berisi dengan permainan-permainan logika, dimana peserta dapat mengunjungi pos ini untuk mendapatkan poin tambahan. Setelah melakukan perjuangan yang menguras tenaga dan pikiran ini, akhirnya terpilihlah 5 tim terbaik untuk maju ke babak final.

Babak final Electra 2012 dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Nopember 2012. Pada babak final, 5 tim yang masih bertahan adalah 2 tim dari SMA 5 Surabaya, 1 tim dari SMA 4 Denpasar, 1 tim dari SMA 2 Mojokerto, dan 1 tim dari SMA 3 Malang. Pada babak terakhir ini, peserta harus mempresentasikan materi yang telah diberikan di depan para dewan juri, dimana dewan jurinya adalah dosen tiga orang dosen dari Jurusan Teknik Elekktro ITS. Peserta dibuat kerepotan dengan pertanyaan-pertanyaan pedas yang dilontarkan oleh para dewan juri.

Selanjutnya peserta ditantang untuk merangkai rangkaian listrik. Rangkaian yang dibuat harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh juri.

Perlombaan yang terakhir dan yang menjadi penentuan adalah babak cerdas cermat. Setiap tim sangat antusias mengikuti babak ini demi menjadi jawara dalam salah satu kompetisi besar dibidang keelektroan ini.

Dan akhirnya setelah persaingan yang sengit di setiap babaknya,  tim Fourier  dari SMA 5 Surabaya memastikan dirinya menjadi juara pertama dalam Electra 2012 ini.

Selamat untuk para pemenang. Dan untuk teman-teman yang masih belum berhasil, jangan berkecil hati. Tetap pertahankan semangat kalian, tularkan semangat ini ke adik-adik kalaian, dan bersiaplah untuk menjadi sang juara pada ELECTRA 2013. (FY)

About the author: admin