FIX_MAN : Memanfaatkan Kemampuan Diri Untuk Berbisnis

By : Raditya Anggaprawira  dan Alfa Khusnal Faizin
 

.

Fahman Rosyiid Nur Iman Rosandi (kanan) atau akrab di sapa Iman adalah mahasiswa Teknik Elektro angkatan e49 (red : T.elektro ITS 2009) ini memiliki sebuah usaha yang bernama FIX_MAN. Sebuah usaha yang bergerak dalam bidang jasa servis laptop dan handphone. Mahasiswa yang kini mengambil Bidang Studi Komputer ini tidak sendirian dalam menjalankan usahanya, kedua rekannya, yaitu dwi kuncoro ( bang DK) yang juga angkatan e49 Bidang Studi Komputer dan Dicki Arisandriawan, mahasiswa D3 Mesin ITS angkatan 2010 . Dalam bekerja tim, tentunya mereka memiliki keahlian masing-masing, Mas Iman mengerjakan masalah hardware, Bang DK mengerjakan software sedangkan Dicki meng handle masalah handphone.

Tidak main-main, ide yang tergagas sejak awal 2012dari adanya teman yang meminta tolong dalam menserviskan laptopnya dan memang sudah karena hobi ini sudah memiliki penghasilan 4 juta per bulan, walaupun target sebenarnya adalah 7 juta perbulan, tentu dilihat dari nominal yang didapat, bisnis kecil ini sangat menjajikan.

Bisnis yang bisa dinilai sangat menjajikan tersebut tidak semudah yang dibayangkan, usaha yang bermotto “No Gabut, siapa kerja dia dapat uang” ini memiliki beberapa kendala seperti diawal pada transport, saat ada order yang diharuskan untuk datang ke konsumen. Walaupun seperti itu, usaha yang memiliki 3 orang anggota ini mampu diatasi dengan saling membantu kebutuhan tim. Saat ini, usaha yang memiliki basecamp di kamar kos ini dapat dikatakan sudah berjalan sangat nyaman walaupun masih memiliki kendala karena belum memiliki ruangan khusus untuk kantor FIX_MAN. Iman yang merupakan pencetus usaha ini berkata “ Bondo HP 1, enek order, jual HP, balik HP 2” mengartikan bahwa modal dalam suatu usaha memang benar-benar bukan masalah utama. Memang penghasilan usaha seperti ini bergantung pada besar modal dan usaha, namun yang jelas kita harus membangunnya mulai kecil dan “jangan malu!” itulah saran dari pengusaha muda Teknik Elektro untuk kita. “Asal masuk akal, kerjakan!”, inilah yang membuat mereka yakin dengan usaha ini. Usaha ini mengandalkan keterbukaan, kejujuran, murah sesuai dengan harga mahasiswa untuk menarik lebih banyak konsumen. Selain itu, FIX_MAN juga mengandalkan slogan “No Fix, No Fee”, jadi walaupun telah dilakukan cek barang, jika pelanggan tidak menginginkan perbaikan, maka pelangganpun tidak diharuskan untuk membayar. Terakhir, kabar gembira karena saat ini  akan melakukan recruitment untuk anggota baru

Profil
Nama : Fahman Rosyiid Nur Iman Rosandi
TTL : Sleman, 18-10-1990
Alamat Surabaya :
Keputih Gg. 2c no. 1
Jurusan : Teknik Elektro
Bidang Studi :
Teknik Komputer dan Telematika
Angkatan : 2009 / e 49
Usaha
Anggota 1
Nama : Fahman Rosyiid Nur Iman Rosandi
Jurusan : Teknik Elektro
Angkatan : 2009 / e 49
Mengerjakan :
Hardware Service, Rusak HDD, Recovery, Charger Service, dll
No. Telp. : 085730405021
Anggota 2
Nama : Dwi Kuncoro
Jurusan : Teknik Elektro
Angkatan : 2009 / e 49
Mengerjakan :
Install Ulang, Virus Problem, Software, Partisi HDD, Driver, Back Up Windows, dll
No. Telp. : 085743191933
Anggota 3
Nama : Dicky Ari Sandriawan
Jurusan : d3 Teknik Mesin
Angkatan : 2010
Mengerjakan :
Blackberry, Android, Smartphones, Transport, dll
No. Telp. : 085646342107