Ketika Bisnis Sudah Menjadi Bagian Hidup

Nama : Candra PradiptaTTL : Gresik, 19 April 1991

Jurusan : Teknik Elektro ITS

Bidang Studi : Sistem Tenaga

Angkatan : 2009 / e 49

Candra Pradipta merupakan sosok yang patut disorot bagi seorang mahasiswa. Kini dia sedang menjalani masa perkuliahannya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya dan mengambil Jurusan Teknik Elektro. Dimasa- masa mahasiswa dituntut menjadi agen perubahan untuk sebuah bangsa, tentu banyak jalan dalam yang dapat dipilih. Pria yang akrab dipanggil Candra ini memilih dibidang entrepreneur atau bisnis dimasa- masa kuliahnya. Diketahui bersama suatu negara dikatakan maju ketika masyarakatnya menjadi entrepreneur minimalnya 2 persen.

Saat ini bisnis yang digelutinya bermacam- macam mulai dari jenis website tentang jajanan Surabaya yaitu tastysurabaya.com, jasa kos- kosan dan distributor minuman tradisional. Fokus bisnis yang sedang digelutinya adalah distributor minuman tradisional HANJUANG dari Bandung, minuman tersebut merupakan produk rumahan yang sudah dapat penghargaan dari Pemerintah. Produk minuman tradisional HANJUANG berbentuk sachet yang dapat larut dalam air, dengan rasa jahe dan rempah, original bandrek dan bajigur.

Dalam pemasaran, sudah pernah dipasarkan di Surabaya tapi di Surabaya menemui beberapa kendala orang Surabaya tidak suka yang panas- panas dan kurang suka minuman tradisional sehingga dianggap kawasan Surabaya kurang sesuai dengan pemasaran minuman tradional ini. Candra yang sudah menggeluti beberapa bisnis sebelumnya tidak habis pikir, bermodal pengalaman dia mencoba memasarkan secara pribadi kedosen- dosen Teknik Elektro, hasilnya banyak dosen yang tertarik. Untuk lebih melebarkan sayap Candra mencoba mensurvei beberapa lokasi, hasilnya Gresik kini menjadi target utama pemasarannya. Dengan menggeluti bisnis sebagai distributor, dia mentargetkan memperoleh omset minimal 2 juta per bulan.

By : Raditya Anggaprawira  dan Alfa Khusnal Faizin