B.201, Bukan Lab Biasa

Laboratorium B.201

Laboratorium B.201 Teknik Elektro ITS adalah sebuah lab yang bergerak di bidang teknik komputer dan telematika atau lebih sering disebut TKT. Laboratorium ini memiliki 5 bidang : Networking, Embedded system, Web development, Game, Mobile development. Kegiatan di lab ini dibagi 2 jenis, yaitu akademik dan non akademik. Untuk kegiatan akademiknya sendiri seperti perkuliahan biasa. Sedangkan, untuk kegiatan non-akademiknya sendiri banyak hal yang dikerjakan di lab ini. Sebut saja riset mengenai software seperti software yang bisa menggambarkan barang dalam 3-D diubah menjadi gambar 2-D, selain itu ada juga software yang mengenai motion capture yang sering digunakan di film-film animasi terkenal, dan ada juga software untuk membuat animasinya itu seperti yang digunakan oleh Pixar. Untuk bidang hardware-nya sendiri, kebanyakan mengenai robot. Contohnya seperti bagaimana sebuah robot bisa bergerak mengikuti gerakan kita, atau robot yang bisa berbaris mengikuti pemimpinnya.

Untuk prestasi yang pernah diperoleh lab. B.201 sendiri, ada banyak prestasi yang pernah diraih. Contohnya yang paling terbaru adalah menjadi juara 1 & 2 juara ITS Hacking Competition. Sistem lombanya sendiri adalah bagaimana tim yang ikut lomba itu, saling berlomba-lomba untuk membobol sistem pertahanan web SNMPTN. Tujuan dari lombanya sendiri adalah untuk mengetahui kekurangan dari web SNMPTN itu sendiri. Sehingga dapat diketahui seberapa kuat sistem web yang telah ada. Selain lomba di atas, lomba lain yang pernah dijuarai lab B.201 adalah PIMNAS dan GEMASTIK.

Untuk tingkat internasional, belum ada satupun lomba yang berhasil dijuarai oleh lab. B.201. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, seperti kurangnya personil, karena seperti yang diketahui, minat mahasiswa teknik elektro sendiri untuk masuk bidang studi TKT sangat minim. Hanya sekitar 20 orang yang masuk bidang studi TKT ini setiap tahunnya. Sedangkan untuk mengikuti lomba internasional, lab. B.201 sendiri harus bersaing dengan jurusan seperti Teknik informatika yang dimana mereka sudah spesialis di bidang software, karena biasanya yang diperlombakan adalah tentang software.

Prospek kerjanya sendiri dari bidang studi TKT sangat luas, mulai dari staf IT sebuah perusahan sampai freelance juga bisa, karena sekarang ini hampir semua alat yang dibuat membutuhkan software-software untuk mendukung kerja dari alat ataupun hardware itu sendiri. Beberapa perusahaan yang cocok dengan bidang studi TKT mungkin seperti : Schlumberger, Schneider, Telkom, dll.

Para penggila game juga bisa turut ambil bagian dalam game designing dalam bidang studi Teknik Komputer dan Telematika. Tentunya para penggemar game di Teknik Elektro sangat cocok untuk bidang studi yang satu ini. Dikarenakan para gamers tidak hanya mampu memainkan game, namun mereka juga mampu untuk mendesain dan mengetahui proses pembuatan game tersebut secara lebih jauh. Selain itu lulusan dari bidang studi ini juga bisa menjadi seorang entrepreneur. Dikarenakan mereka telah dilengkapi degan kempampuan web designing, mereka dapat untuk membuka usaha sendiri dalam bidang web design, pembuatan software baik itu untuk handphone (mobile), maupun untuk komputer.

About the author: admin