Segudang Penelitian dan Sejuta Prestasi Lab Elektronika ITS

Laboratorium Rangkaian Listrik dan Elektronika ITS

Sesuai dengan namanya yaitu laboratoriun elektronika , aktivitas studi yang biasa dikerjakan di tempat ini adalah seputar ilmu elektronika yang identik dengan arus lemah. Implementasi arus lemah adalah berkaitan dengan simulasi ataupun manipulasi gerak elektron yang teraplikasi dalam rangkaian digital atau analog.

Bidang Studi elektronika ITS terbagi menjadi 2 konsentrasi , yaitu elektronika Industri dan elektronika biomedik. Elektronika industri berorientasi mengkaji keilmuan yang berkaitan dengan aplikasi piranti elektronik pada teknologi keindustrian. Sedangkan Elektronika biomedik berorientasi untuk mengkaji keilmuan yang berkaitan dengan pembuatan alat pada dunia kedokteran.

Aktivitas yang biasa dilakukan di laboratorium elektronika bukan hanya berbentuk pembelajaran, bisa juga sembari menggarap proyek – proyek eksternal. Salah satu contoh proyek yang kini tengah mereka kerjakan adalah pembuatan bel listrik otomatis untuk salah satu sekolah di Surabaya. Bel listrik tersebut dikontrol oleh suatu alat yang terprogram untuk membunyikan sound yang ada di kelas secara otomatis pada waktu tertentu.

Quadrotor yang tengah dikerjakan Mas Angga

Disamping itu ada quadrotor yang tengah dirakit oleh Mas Angga selaku koordinator laboratorium sebagai bahan tugas akhirnya. Quadrotor itu diprogram untuk bernavigasi secara otomatis dengan menggunakan berbagai macam sensor agar mampu menuju suatu titik koordinat yang diminta. Implementasi alat ini kedepannya bisa dikembangkan sebagai robot mata – mata.

Lain mas angga , lain pula mas dito , mantan ketua himpunan mahasiwa elekto 2010 ini tengah menggarap tugas akhir untuk membuat alat yang bernama elektro laring. Elektro laring adalah alat untuk membantu seseorang yang tuna laring agar dapat berbicara kembali dengan menerapkan sinyal elektrik yang dihasilkan tubuh untuk menggetarkan laring seseorang.

Tak hanya sebatas pembelajaran dan proyek , laboratorium elektronika ini juga telah menuang berjuta prestasi. Di event Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) delegasinya selalu menjadi juara rutin dari tahun ke tahun. Karya – karya alat mereka mampu menembus Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) , sebuah ajang keilmiahan nasional untuk kalangan mahasiswa

Laboratorium Elektronika merupakan bukti nyata bahwa Indonesia mempunyai banyak penemu yang mampu mengembangkan aplikasi dan teknologi Indonesia di masa depan. Tak hanya pembelajaran yang menghasilka prestasi , tapi juga implementasi keahlian dalam proyek yang mampu menghasilkan meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

About the author: admin