BARONAS 2013 : Epic Final Match

ITS (18/05) – Suara penonton dan panitia yang berdiri mengelilingi arena di bagian tengah gedung robotika ITS  terdengar bergemuruh. Semua yang hadir disitu ikut merasakan ketegangan detik-detik menjelang pertandingan final kategori tingkat SMA  Lomba Robot Nasional (BARONAS).

Kedua tim yang bertanding berhasil memasang jembatan di arena, namun tim yang beranggotakan Abi (kelas X), Dharma (kelas XII), dan Mufid (kelas XII) mencapai finish lebih dulu. Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh SMAN 1 Lamongan. Sayangnya, salah satu anggota yaitu Mufid sudah kembali ke Lamongan saat final berlangsung. Abi dan Dharma langsung melakukan sujud syukur ketika waktu pertandingan sudah habis sedangkan tim lawan belum mencapai finish.

Abi (kiri) dan Dharma tampak masih tegang ketika difoto setelah dinyatakan sebagai pemenang BARONAS 2013

Tim dari SMAN 1 Lamongan ini mengumpulkan satu komponen lebih sedikit daripada lawannya. Awalnya, tim ini sempat dibuat resah ketika robot yang bertugas mengambil komponen terjatuh dari tanjakan dan musuh sudah berhasil menyelesaikan jembatan ketiga, tapi setelah itu semua berjalan lancar.

Abi yang masih gugup seusai menang saat ditemui menyatakan bahwa BARONAS adalah lomba yang bergengsi. Tim yang dibina oleh pak Sholihin ini memiliki konsep unik untuk robot yang bertugas mengambil komponen. Terdapat semacam serokan pada bagian depannya untuk mengambil komponen kemudian menjepitnya. Dharma menyatakan bahwa dia mendapat ide saat menyapu ruangan setelah menggarap robot.

Diakhir perbincangan kami, Dharma berpesan bahwa kita tidak boleh menyerah untuk menggapai prestasi. “Kekalahan merupakan tabungan dari sebuah kemenangan”, ujarnya menutup pembicaraan.

Penasaran seperti apa serunya pertandingan final baronas  ini, silakan klik di sini.

About the author: admin