Seminar Tugas Akhir Genap 2013, Satu langkah menuju Wisuda September 2013

Seminar tugas akhir merupakan acara yang rutin diadakan oleh pihak jurusan dan himpunan mahasiswa khususnya Departemen Keprofesian dan Kesejahteraan Mahasiswa (Prokesma) sebelum diadakannya lisan tugas akhir atau biasa disebut sebagai Sidang tiap semesternya. Kegiatan ini diadakan dari tanggal 20 Juni hingga 27 Juni 2013 bertempatan di gedung B dan gedung Aj Teknik Elektro ITS yang dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa dari berbagai bidang studi di jurusan Teknik Elektro ITS (JTE). Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa yang akan mengikuti seminar yang nantinya menjadi bahan persiapan untuk menghadapi sidang tugas akhir.

Kondisi saat berlangsungnya Seminar Tugas Akhir 2013 yang difasilitasi oleh Departemen Prokesma

Seminar ini diadakan untuk mahasiswa S1 dan lintas jalur dengan dosen penguji dari berbagai bidang studi yang ada di JTE. Alokasi waktu yang diberikan untuk setiap peserta seminar sebanyak 45 menit yang terdiri dari sesi presentasi dan sesi pertanyaan dengan masing – masing waktu durasi tergantung dari bidang studi yang diujikan. Berbagai judul paper dipresentasikan dan banyak pertanyaan dari penguji yang diajukan untuk peserta seminar, baik itu langsung dijawab oleh peserta maupun dijadikan tugas untuk esok harinya apabila tidak memungkinkan untuk dijawab pada saat itu juga. Meskipun kegiatan seminar ini merupakan persiapan untuk menghadapi sidang tugas akhir, tetapi suasana yang berikan cukup tegang. Berbagai gambaran dan masukan  yang diberikan oleh penguji membantu peserta sidang untuk siap dalam menghadapi seminar tugas akhir yang nantinya akan menentukan kelulusan dari calon sarjana.

Presentasi dari mahasiswa Teknik ELektro ITS di ruang B404b

 

Presentasi dari mahasiswa teknik elektro ITS di gedung Aj

 

 

 

 

 

 

 

 

Terdapat sedikit pergeseran paradigma untuk seminar tugas akhir kali ini, karena yang mengajukan pertanyaan hanya dari dosen penguji saja, seharusnya para mahasiswa yang hadir dalam seminar tersebut juga dapat memberikan pertanyaan kepada peserta sidang. Disayangkan juga mahasiswa selain peserta khususnya ditahun pertama dan kedua yang hadir dalam seminar tugas akhir ini sedikit karena acara seminar ini terdapat pada hari libur akademik. Padahal banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dalam seminar tersebut baik dari sisi hardskill dalam memahami materi maupun softskill atau cara penyampain materi tersebut yang nantinya akan berguna untuk kedepannya.

Harapan untuk kedepannya mahasiswa JTE yang hadir dalam seminar ini semakin ramai dan mendapatkan banyak manfaat dari adanya kegiatan ini. Dan semoga peserta seminar tugas akhir periode September 2013 ini menjadi semakin siap dalam menghadapi sidang tugas akhir serta menjadi wisudawan yang nantinya akan memberikan banyak manfaat dan mengharumkan jurusan Teknik Elektro ITS, Almamater dan Bangsa.

About the author: admin