Kuliah Tamu “Renewable Energy”

Kuliah Tamu "Renewable Energy"

(16/9)- Pembicara dan Peserta Kuliah Tamu “Renewable Energy” melakukan foto bersama seusai acara Kuliah Tamu selesai.

Kampus ITS- “Renewable Energy”,  itulah judul yang diusung pada Kuliah Tamu tanggal 16 September 2013 yang di fasilitasi oleh Departemen Prokesma. Dihadiri 4 Pembicara yang luar biasa dengan tema keadaan terkini, Kuliah Tamu “Renewable Energy” menjadi layak untuk dihadiri dan disimak.

Pembicara pertama ialah Bapak Dodo Suharso, Dirut PT. Mitra Selaras Hutama Energi dan Dirut PT. Karya Kusuma Putra sekaligus Ketua PP IKA ELITS periode 2012-2016 menyampaikan tentang Perundang-undangan Kelistrikan. Beliau menjelaskan, jika dahulu PLN sebagai lembaga negara yang memonopoli kelistrikan di Indonesia, maka kini pihak asing dapat ikut memain peran dalam kelistrikan di Indonesia. Pihak asing dapat mendirikan pembangkit listrik di suatu daerah jika di daerah tersebut belum ada pembangkit listrik dari PLN.

Dilanjutkan ke Pembicara Kedua ialah Bapak Tanu Wijaya, Dirut PT. IMECO , berbicara tentang Energy Development In Indonesia. Beliau mengatakan, bahwa Bahan Bakar Fosil di Indonesia akan habis dalam rentang beberapa tahun mendatang. Minyak Bumi dalam 11 tahun sedangkan Batu bara dalam 40 tahun. Oleh karena itu , perlu energi terbarukan agar ketika Bahan Bakar Fosil habis Indonesia sudah bisa mandiri dalam energi listrik.

Tak hanya berbicara secara prospek kedepan “Renewable Energy” , kesulitan mengembangkan Energi Terbarukan juga dipaparkan oleh Pembicara ketiga. Pembicara Ketiga ialah Bapak Rahmad Handoko, Direktur Produksi dan Pemasaran PT. Propindo Jaya menjelaskan tentang tantangan PLN dalam memenuhi energi listrik di masa mendatangkan. Beliau menceritakan bahwa PLN betul-betul sangat susah untuk mengembangkan energi terbarukan, dikarenakan harga listrik masih disubsidi pemerintah. Tak hanya itu, pengembangan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan tergolong sangat mahal dan kembalinya modal tidak berlangsung secepat Pembangkit Listrik Tenaga Bahan Bakar Fossil.

Pada Akhirnya, Kuliah tamu kali ini diakhiri dengan pemberian tips-tips masuk dunia kerja ,tes masuk serta tes wawancara yang dijabarkan oleh Bapak Jagus Widodo, Direktur Bisnis PT. Dayamitra Telekomunikasi. Beliau berpesan untuk selalu berani dan percaya diri ketika menghadapi test kerja ataupun test wawancara. Tak hanya itu pelamar juga harus menguasai informasi tentang jabatan pekerjaaan yang menjadi target pelamat tersebut. (DF)

About the author: admin