Mengembangkan skill organisasi melalui LOT 2013

Foto bersama peserta LOT

Pada tanggal 14 dan 15 September 2013, staff HIMATEKTRO 2013-2014 mengikuti Leadership and Organization Training (LOT) yang diselanggarakan di ruang AJ 101-102. Kegiatan ini berupa sebuah pelatihan yang diselanggarakan oleh fungsionaris HIMATEKTRO. Tema LOT kali ini adalah “Mempersiapkan HIMATEKTRO yang berkarakter dan inspiratif untuk berdedikasi pada almamater dan bangsa”. Dapat dikatakan, LOT diadakan untuk membekali staff HIMATEKTRO untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik 1 tahun kedepan demi pengabdiannya pada almamater.

Pada hari pertama, LOT memiliki 4 materi. Materi yang pertama adalah motivasi organisasi, pada materi ini dijelaskan tentang elemen pada organisasi terbagi menjadi 3 dan saling berkaitan. 3 hal tersebut adalah visi, struktur, dan people. Materi yang kedua tentang, mengetahui kepribadian diri sendiri. Pada materi ini, peserta melakukan simulasi untuk mengetahui kepribadian seperti apa yang dimiliki oleh dirinya. Ada 4 macam kepribadian seseorang, koleris, sanguinis, melankolis, dan plegmatis. Materi ketiga adalah Teknik Persidangan. Pada materi ini dijelaskan teknis dari persidangan dan dilanjutkan pada simulasi sidang. Materi keempat, materi yang menjelaskan tentang KM ITS. Saat ini, KM ITS menganut asas trias politika. Pada asas ini dikenal pembagian kekuasaan menjadi 3 bagian yaitu eksekutif (BEM ITS, DOP, BEM F, HMJ), legislatif (DPM, DPM F), dan yudikatif (MM).

Hari kedua LOT dibuka dengan materi kelima tentang perencanaan jadwal dan pengorganisasian kegiatan. Pada materi ini, dijelaskan tentang perencanaan jadwal kegiatan yang baik sehingga dapat menunjang berjalannya suatu program kerja atau agenda. Materi keenam tentang administrasi umum dan keuangan. Pada materi ini, peserta mendapatkan penjelasan tentang pembuatan proposal, pengajuan proposal untuk kegiatan internal atau eksternal, dan pembuatan SPJ dan LPJ. Materi ketujuh, tentang VOC (Visionary, Open Mind, Care). Tujuan dari penyampaian materi ini adalah terciptanya staff yang memiliki visi hidup yang jelas, memiliki pemikiran yang terbuka, serta staff yang peduli terhadap sesama.

Kegiatan LOT ini sangat bermanfaat untuk staff HIMATEKTRO sebagai bekal untuk menjalani tugas dan pengabdian untuk almamater. Harapan kedepannya, semoga nilai-nilai yang dapat ditanamkan pada LOT 2013 ini, tertanam pada seluruh staff HIMATEKTRO. Selamat mengabdi HIMATEKTRO bersinar 2013-2014. Viktori! (MFRU)

About the author: admin