Pelatihan membuat game untuk TMJ 2013

Perkembangan teknologi game saat ini sangat berkembang pesat. Dahulu mungkin kita masih memainkan game yang terlihat sangat kaku seperti Mario Bros, Tetris, Pac Man, dll. Akan tetapi, saat ini sudah ada game yang menggunakan animasi 3D, layar sentuh pada android, dll yang tentunya game-game seperti ini menggunakan teknik pemrograman yang baik. Sebagai mahasiswa yang ahli dalam bidang teknologi maupun pemrograman, sudah seharusnya kita tidak hanya dapat memainkan game tersebut, melainkan juga mampu untuk dapat berkreasi menciptakan game. Oleh Karena itu, Lab B 201 sebagai laboratorium telematika bidang studi Teknik Komputer dan Telematika (kini sudah menjadi jurusan Teknik Multimedia dan Jaringan), mengadakan pelatihan pembuatan game dasar 2 dimensi dengan menggunakan software construct 2.

Peserta pelatihan ini ditujukann untuk mahasiswa baru angkatan tahun 2013 dan angkatan 2013, diprioritaskan pada mahasiswa baru Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ). Pelatihan ini berlangsung di AJ 401-402 pada pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Tujuan dari pelatihan ini, untuk memperkenalkan teknologi dan teknik pembuatan game kepada peserta.

Pada pelatihan ini, peserta pelatihan diberikan modul yang berisi panduan penggunaan software dan panduan pembuatan game. Selain modul, peserta pelatihan melakukan simulasi langsung membuat game. Game yang dibuat adalah game dengan algoritma dasar dan animasi 2D. “Game yang dibuat itu seperti super mario, jadi pemainnya memakan koin-koin saja, hanya seperti permainan simpel sih” ujar salah satu mahasiswa Teknik Multimedia dan Jaringan, ketika diwawancari oleh Departemen Kominfo, sesaat setelah pelatihan usai. Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan mahasiswa baru TMJ 2013 dapat mengembangkan skill dalam programming untuk pembuatan game. Bisa saja dalam waktu dekat, mahasiswa TMJ 2013 berhasil menciptakan inovasi  game yang dapat mendidik bangsa. Jika kita bisa memberikan edukasi dengan cara yang menyenangkan, kenapa tidak? (MFRU/DC)

Pelatihan game TMJ 2013

About the author: admin