CIPTAKAN KURSI RODA KONTROL SUARA BERBUAH MEDALI EMAS

Lab base education merupakan salah satu metode untuk pengembangan riset dan teknologi. Salah satu karya dari metode tersebut yakni Electric Wheel Chair, karya dari Angga Pradana, Ferry Hidayat, M. Agus Taksiono, Liem Yuliana Katrina H., dan M. Faisal Winarto yang berhasil menyabet emas kategori presentasi dan tim favorit dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-26 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Teknologi kursi roda dengan control berupa suara yang terintegrasi melalui device Android ini bertujuan untuk mempermudah penyandang cacat melakukan aktifitasnya di atas kursi roda tanpa memerlukan bantuan dari orang lain. Hasil dari penelitian di Laboratorium B202, Teknik Elektro ITS seputar otomasi
dari kursi roda, baik menggunakan gerakan mata ataupun joystickdan perkembangan dari teknologi Android yang cukup pesat menjadi latar belakang dari ide pembuatan alat tersebut.

Karya yang tergabung dalam kategori PKM-KC ini, bekerja dan bergerak secara otomatis sesuai perintah suara yang diberikan oleh user. Karya ini juga dilengkapi sensor frekuensi sehingga apabila kursi roda akan menabrak suatu objek, maka benda ini akan berhenti secara otomatis. Selain telah diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), karya yang dibimbing oleh Bapak Rudy Dikairono telah mengikuti acara perlombaan bergengsi lainnya seperti INAICTA 2013 diselenggarakan oleh Menkominfo di Jakarta dan Pameran pada Electrical Fun Day (EFD) di Jurusan Teknik Elektro ITS. Berkat pengalaman tersebut, Liem menjelaskan bahwa keberhasilan mereka dalam Pimnas Mataram bukanlah sebuah keberuntungan, terlebih lagi presentasi yang meyakinkan dari timnya. Ketika disinggung harapan kedepannya, Dengan kompak Angga, Ferry dan Faisal mengharapkan agar karyanya dapat dipasarkan secara luas dan menjalin kerjasama dengan berbagai toko alat kesehatan (AR, MFRU).


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About the author: admin