Kembangkan Softskill dengan ESDEV

_DSC0084

kegiatan ESDEV


Hardskill memang penting bagi mahasiswa,  namun softskill  juga jangan dilupakan” itulah kata-kata yang diucapkan Bapak Tri Arief,  Ketua Jurusan Teknik Elektro ITS saat membuka ESDEV (Electrical Engineering Softskill Development) di TI. 104 Teknik Industri ITS,  Sabtu 23 November 2013.

ESDEV (Electrical Engineering softskill development) adalah seminar softskill yang diadakan oleh Departemen PSDM (Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa) Himatektro ITS. Saat ditemui di lokasi, ketua panitia ESDEV (Electrical Engineering softskill development) Christian Nindia mengatakan, bahwa tujuan diadakan ESDEV  ialah untuk menumbuhkan iklim softskill di Teknik Elektro ITS. Untuk target ESDEV sendiri, mahasiswa yang sering disapa Nendi menargetkan mahasiswa Teknik Elektro ITS angkatan 2013 dan 2012. Nendi juga berharap kedepanya ESDEV bisa menginspirasi dan menumbuhkan minat softskill di Teknik Elektro ITS.

ESDEV dimulai pukul 13:15 setelah beberapa sambutan disampaikan, seminar dimulai dengan materi Leadership yang dibawakan oleh Bapak Imam Supriyono,  Konsultan dan Direktur, SNF Consulting. Dalam materinya, Bapak Iman mengatakan, bahwa mahasiswa harus mempunyai visi, dengan mempunyai visi mahasiswa akan berpikir tentang masa depan bukan hanya berpikir tentang masa kini.

Saat diwawancara disela-sela istirahat salah satu peserta ESDEV Nindia angkatan 2013 mengatakan, senang mengikuti seminar ESDEV. Walau diawali terkendala masalah ruangan karena pemadamam listrik yang membuatnya bingung. Namun tetap Nindia merasa banyak informasi yang didapat terkait perkembangan softskill untuk kedepanya.

Pasca istirahat selesai dilanjutkan oleh materi kedua. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Tonny Leonard, Direktur dan Owner PT. Sukses Nusantara. Pak Tonny  yang menyampaikan materi Challenge of Leadership berpesan, bahwa seorang pemimpin ketika mengalami banyak tantangan dalam menggapai tujuan, harus terus mencari jalan lain ketika satu jalan gagal dan terus  pantang menyerah dalam menggapai tujuanya. Materi yang selesai pukul 17.00 ini sekaligus menutup serangkaian acara ESDEV. (DFA)

About the author: admin