KULTAM AVIONICS

IMG_4238Rabu, 16 April 2014 di AJ 201-202 diadakan kuliah tamu bidang studi elektronika dengan tema avionik. Pukul 15:30 WIB tepat, acara yang diadakan oleh Departemen PROKESMA HIMATEKTRO-ITS ini dimulai. Kultam kali ini diisi oleh PT Infoglobal alam semesta, yang diwakili oleh Bapak Johanes Adi Sasongko, Pak Aziz, dan Pak Roky. Setelah dibuka dengan sambutan dari ketua jurusan dan ketua himpunan, Pak Adi membuka materi dengan video liputan Pt Infoglobal. Beliau lantas mengenalkan apa itu avionik dan perkembangannya. “Komponen utama pesawat ada tiga, mainframe, engine, dan avionics” tuturnya. Walaupun umur pesawat didasarkan oleh mainframenya, namun harga pesawat ditentukan oleh teknologi avioniknya, yang beliau ibaratkan sebagai otak pesawat.

IMG_4236Pak Adi menjelaskan bahwa avionik secara umum memiliki banyak fungsi, diantaranya navigasi, komunikasi dengan tower, monitor parameter pesawat, pengaturan penerbangan, pencegahan tabrakan, black box, sistem cuaca, dan pengaturan manajemen pesawat. Pada avionik militer, fungsi tersebut ditambah dengan sistem misi, komunikasi militer, radar, sonar, elektro optik, dan pendukung elektronika. Sembari menjelaskan poin poin tersebut, beliau memberi contoh-contohnya serta pengalaman PT Infoglobal dalam industri avionik.

¬†Akhirnya, beliau memaparkan kata kata penyemangatnya dan rekan kerja nya.”Saat masih asing, kita akan menyangka teknologi itu jauh dari kemampuan kita. Namun bila mau belajar, akhirnya ya gitu-gitu aja” ujarnya tersenyum. Setelah sesi tanya jawab, pada pukul 17:30 WIB kuliah tamu berakhir.(THE)

About the author: admin