EFD

WP_20140426_013

Pagi itu memang seharusnya menjadi pagi dari hari yang cukup ditunggu-tunggu oleh sebagian besar mahasiswa, terutama mahasiswa S1 Teknik Elektro, yang notabenenya telah lelah mencoba mengikuti segala perkuliahan dan mengejar dateline dari berbagai tugas dan laporan yang ada. Hari itu merupakan hari Sabtu, awal dari akhir minggu atau yang biasa disebut dengan weekend, sebuah hari yang seharusnya diawali dengan bangun dari tidur yang pulas, bahkan seringkali hingga terbangun di waktu yang terbilang cukup siang. Namun, pada hari itu aktivitas sudah terlihat dari sebelum pukul 6.30, tepatnya di Jurusan Teknik Elektro ITS. Ternyata hari itu merupakan hari pelaksanaan dari acara EFD atau yang kepanjangannya adalah Electrical Fun Day.

            Electrical Fun Day ini atau yang biasa disebut EFD, merupakan acara gabung dari beberapa departemen di Himatektro, yaitu Lingpus, Ristek, dan KWU. Kegiatan ini sesungguhnya merupakan acara annual yang diadakan tiap tahunnya oleh Himatektro. Pemandangan yang  didapati pagi itu adalah betapa semangatnya anggota-anggota dari Ristek dan teman-teman dari laboratorium, mereka terlihat sangat bersemangat dalam merapihkan dan menata alat-alat yang akan diperagakan. Meskipun, pagi itu belum banyak anak-anak non-panita yang terlihat hadir.

Tujuan dari keikut-sertaan departemen Ristek sendiri dalam acara ini adlah untuk memamerkan alat-alat yang dibuat para mahasiswa S1 Teknik ELektro untuk tujuan non-lab, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan untuk lomba-lomba lainnya, serta juga diperagakan alat-alat yang dibuat untuk tujuan tugas akhir laboratorium dan lain-lain. Persiapan yang dilakukan oleh departemen Ristek sehubungan dengan acara EFD ini adalah investarisasi atau yang berarti mencatat alat-alat kreasi mahasiswa yang bertujuan non-laboratorium. Departemen Ristek tidak perlu merawat dan mengurus alat-alat tersebut, karena ternyata alat merupakan hasil meminjam dari mahasiswa pemilik alat tersebut atau milik laboratorium.

Adapun peralatan yang dipinjam oleh departemen Ristek, merupakan perlatan dari laboratorium bidang studi Sistem Tenaga dan Teknik Komputer dan Telematika (TKT). Karena departemen Ristek hanya bekerja dengan meminjam alat yang sudah ada, maka departemen ini pun tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk acara ini.

Berdasarkan pernyataan dari Mas Yudi, didapati bahwa ternyata jumlah peserta pameran dari departemen Ristek tiap tahunnya mengalami penurunan. Selain mengisi acara di EFD, ternyata departemen Ristek dari Himatektro sudah memiliki rencana untuk acara berikutnya, yaitu GKM atau yang kepanjangannya adalah Gelar Karya Mahasiswa, yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian dari acara ITS Expo. Ada pun alat-alat yang akan dipamerkan telah dipersiapkan oleh para anggota departemen.

            Tak hanya departemen Ristek yang terlihat sibuk pagi itu, para anggota dan mahasiswa magang dari departemen Lingpus dan KWU pun terlihat sudah sibuk pagi itu. KWU yang  tak kalah sibuk dengan departemen lainnya, sedang sibuk dalam mempersiapkan dagangan yang akan mereka jual. Mereka mengaku akan menjual makanan favorit para mahasiswa S1 Teknik Elektro, yaitu Nasi Krawu di pagi hari, kemudian berganti menjadi gorengan, yang terdiri dari cireng, scallop, dan tempura. Setelah ronde kedua habis, KWU ternyata berniat menjual Roti Maryan, yang tentunya tidak hanya disajikan dengan polos, melainkan dengan tambahan madu, susu, serta chocolate rice atau yang disebut juga meses. Persiapan yang dilakukan diakui hanya menghabiskan waktu semalam, yaitu ketika berbelanja, namun rencana mengenai makanan yang akan dijual memang sudah dibicarakan pada hari-hari sebelumnya.

            Penjualan yang dilakukan oleh departemen KWU tentunya berorientasi pada keuntungan. Salah satu anggotanya mengaku bahwa target dari penjualan mereka di acara EFD 2014 adalah sebesar 50ribu. Adapun dana pemasukan awal dari acara ini berasal dari dana kas internal WKU, serta dana bantuan dari Himpunan Teknik Elektro (Himatektro).

Para anggota Lingpus juga terlihat sibuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk acara nantinya, termasuk peralatan dan perlengkapan untuk permainan yang telah dicanangkan oleh departemen Lingpus.

Adapun acara EFD 2014 sendiri dibuka pada sekitar pukul 9 pagi. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai lomba, yaitu :

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba sepeda lambat
  3. Lomba memasukan paku ke botol.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan akustik dari Bang Yosua and Friends, serta persembahan pujian dari E53 juga. Keadaan di lokasi baru mulai terlihat ramai dia atas pukul 10 pagi. Stand yang didapati paling ramai ternyata adalah stand dari KWU, karena menjual berbagai makanan yang menjadi favorite para mahasiswa.

            Acara EFD 2014 ini ditutup dengan permainan terakhir yang mengkolaborasikan kain sarung dengan permainan futsal. Permainan yang satu ini ternyata mengundang banyak peserta acara untuk ikut serta.

            Acara EFD 2014 ini resmi ditutup pada sekitar pukul 14.00 dan akan dilanjutkan oleh kepengurusan departemen Lingpus, Ristek, dan KWU pada periode kepengurusan berikutnya. (ASS)

About the author: admin