GKM ITS Expo

photo.php


28 s.d. 2 Mei 2014, Grha Sepuluh Nopember diselenggarakan ITS Expo, termasuk dalam rangkaian acaranya, pameran karya-karya inovatif oleh mahasiswa-mahasiswi ITS dalam ajang Gelar Karya Mahasiswa (GKM), dimana (setidaknya) semua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di ITS ikut serta dalam ajang pameran tersebut dari tanggal awal  hingga tanggal akhir rangkaian acara ITS Expo dari pukul 15.00 s.d. 22.00 WIB. Menanggapi hal itu, fungsionaris Departemen RISTEK HIMATEKTRO-ITS turut serta dengan memamerkan karya-karya dari mahasiswa-mahasiswi Jurusan Teknik Elektro ITS.

Seperti apa karya-karya yang yang dipamerkan? Lima karya inovatif berikut dijumpai dalam stand GKM Teknik Elektro ITS:

  1. Sistem Hibrid Energi, karya mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi Konversi Energi, dengan konsep pemanfaatan solar cell di atas kapal yang sedang dalam pelayaran. Karya ini telah mendapat predikat juara kedua dalam kompetisi Schneider Go Green City.
  2. Smart Home, karya mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi Sistem Tenaga, berdasarkan konsep rumah dengan pembangkit listrik tenaga surya yang bisa dipakai baik pada waktu siang maupun malam hari. Lebih lanjut, sel surya yang dimaksud dirancang dengan sistem mekanik dan otomatis sedemikian, sehingga pada siang hari sisi panel yang dipenuhi sel surya diarahkan pada datangnya sinar matahari, sementara pada malam hari sisi yang penuh dengan sel surya diarahkan ke dalam rumah agar terpapar cahaya penerangan interior rumah yang bersangkutan, dengan efisiensi 45% pada malam hari.
  3. Augmented Reality and Interactive Story Teller karya mahasiswa-mahasiswi Program Studi Teknik Komputer dan Telematika. Konsep utama dari karya inovatif ini adalah: pengguna (user) dapat membuat gerak-gerik dari satu atau lebih karakter/tokoh animasi/kartun yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Wind Turbine, karya dengan penggagas yang diberi predikat Juara Satu Rancang Bangun aKtegori proyek Sains OSN Pertamina, karya mahasiwa-mahasiswi Program Studi Sistem Tenaga. (DC)

About the author: admin