Hendra Kusuma Tekankan Perbanyak Relasi dalam Berbisnis

 photo IMG_2139.jpg

Kenalan adalah jalan menuju kesuksesan.

Ya, mungkin itulah yang sempat ditekankan oleh Pak Hendra Kusuma, Dosen Teknik Elektro ITS dalam sharing di Acara ECG ( Entrepreneur Community Gathering) Rabu, 7 Mei 2014 di AJ 102 Teknik Elektro ITS. ECG merupakan acara rutin yang dipersembahkan untuk mahasiswa Elektro ITS oleh Departemen Kewirausahaan. ECG kali keempat dalam periode 2013-2014 ini mengambil tema “Networking and Business Troubleshooting”. Sebagai pembicara Pak Hendra Kusuma membagi pengalaman berbisnisnya kepada mahasiswa Teknik Elektro ITS. Selain dikenal sebagai Dosen bidang studi Elektronika, Pak Hendra Kusuma juga menjadi Konsultan di beberapa perusahaan dan juga sempat mempunyai perusahaan sendiri.

ECG kali ini lebih memusatkan kepada sharing yang membahas dampak mempunyai banyak relasi atau networking dalam berbinis. Relasi sendiri diperlukan agar usaha yang digeluti semakin berkembang dengan mudah jika mengalami suatu kendala yang bukan berasal dari diri sendiri. Seperti contohnya sedang mengalami kekurangan Sumber Daya Manusia yang memadai, dengan mempunyai banyak relasi akan menjadi mudah untuk mencari SDM yang cocok untuk membangun produk atau bisnis yang digeluti.

Menurut Pa Hendra , dalam membuat produk ada beberapa langkah agar para investor tertarik mengembangkan produk yang sedang dibuat. Mulai dari menguji coba ide dan menjaga ide jangan sampai dicuri oleh orang lain, memperhatikan kompetitor, dan juga survey produk sejenis. Banyak wirausahwan terkerkendala masalah yang dihadapi bukan dari produknya sendiri, melainkan dari dana, produksi barang, sumber daya manusia sampai marketing yang kurang tepat sasaran. Oleh karena itu menurut pa hendra, wirausahawan harus mempunya Buseniss Troubleshoting. Dengan Buseniss Troubleshooting, wirausaha bisa menentukan cara apa yang akan diambil untuk mengatasi masalah yang ada dan menjadikanya sebagai peluang.
Dengan memiliki Buseniss Troubleshooting yang baik dilengkapi dengan risk management serta memiliki banyak relasi tentu menjalankan bisnis akan semakin lebih pasti. Pak hendra pun berpesan, Enterpreneur yang hebat adalah Enterpreneur yang bisa mengukur risiko, dan mengubah risiko menjadi peluang. (DFA)

About the author: admin