Kadep Humas 2004/2005 Beri Kuliah Tamu Sistem Tenaga

Evan Sinaga beri kuliah tamu Substation Technology

Berbagi ilmu sekaligus bernostalgia kampus Elektro ITS. Sekiranya kalimat tersebut tepat untuk menggambarkan Evan Sinaga, alumni Elektro ITS angkatan E42 yang mengisi kuliah tamu (kultam) pada Jum’at, 28 November 2014 lalu. Walaupun kondisi perkuliahan sekarang tidak seperti dahulu, namun tidak membuat Pak Evan kehilangan kebanggaan bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa Teknik Elektro ITS yang masih merupakan junior beliau.
Ketika masih menjadi mahasiswa, Pak Evan pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Humas HIMATEKTRO periode 2004/2005. Selain itu, Pak Evan juga pernah aktif sebagai Pemandu LKMM TD. Pak Evan yang kini bekerja di Siemens berkesempatan mengisi kultam berjudul Substation Technology yang diadakan Departemen Prokesma.

Pak Evan memberikan merchandise dari Siemens kepada peserta kultam

Di awal kultam, Pak Evan yang merupakan lulusan bidang studi Sistem Tenaga mengatakan bahwa proyek pembangkitan listrik 35000 MW merupakan kesempatan besar bagi mahasiswa Elektro ITS dalam membangun bangsa ini. Pak Evan juga menambahkan bahwa orang-orang di bidang kelistrikan akan selalu dibutuhkan Indoneia terkait status negara ini yang masih dalam tahap perkembangan.
Kuliah tamu yang difokuskan pada bidang studi sistem tenaga ini dimulai pukul 15.30 hingga 17.30 WIB di AJ 101-102. Diahadiri oleh mahasiswa Elektro ITS mulai semester satu hingga semester tujuh, kultam ini disampaikan dalam beberapa pokok bahasan seperti How Electricity is Delivered dan How to Bulid Substation. Di sela-sela kultam, tak lupa peserta bertanya dan tak jarang pula Pak Evan yang melontarkan pertanyaan pada peserta sembari memberikan merchandise dari Siemens pada peserta yang mampu menjawab pertanyaan.
Di akhir kultam, Pak Evan memberikan motivasi pada mahasiswa Elektro ITS untuk terus meningkatkan kompetensi tak hanya di bidang akademik namun juga public speaking dan kemampuan berbahasa inggris. Jangan pernah kehilangan semangat sebagai mahasiswa Teknik Elektro karena akan selalu dibutuhkan dimanapun terutama di negeri ini. “Just imagine your life without electricity” ujar Pak Evan.(TAU)

About the author: admin