SMA Petra 2 Surabaya Raih Juara Electr4 2015

Kampus Elektro ITS – (15/02/2015). Tim Maxwell dari SMA Petra 2 Surabaya meraih juara Electr4

Kampus Elektro ITS menjadi saksi lahirnya juara Electra ke-4. Electrical Competition Tour and Rally (Electra) jilid empat ini mendapati juaranya pada final Hari Minggu, 15 Februari lalu.

Setelah melalui rangkaian kompetisi mulai dari babak penyisihan, semifinal, hinggal final yang mempertemukan lima tim, akhirnya Tim MAXWELL berhasil merebut juara pertama Electra 4 ini. Tim MAXWELL yang terdiri dari tiga orang siswa SMA Petra 2 Surabaya berhasil menandingi keempat tim lainnya untuk mendapatkan hadiah utama berupa Freepass SNMPTN Teknik Elektro ITS, Piala Gubernur, dan uang senilai 6 juta rupiah.

Perjuangan Tim Maxwell dan para peserta Electra lain dimulai sejak babak penyisihan pada 8 Agustus 2015. Babak penyisihan yang diselenggarakan masing-masing di 13 region se-Jawa dan Bali ditambah penyisihan online dilakukan dengan system olimpiade yang mengujikan mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Logika Dasar Komputer. Sebanyak 1234 tim yang beranggotakan tiga orang siswa SMA/SMK berebut tempat menuju semifinal yang disediakan untuk 30 tim dengan nilai terbaik.

Kampus Elektro ITS – (14/02/2015). Peserta Electr4 mengerjakan soal dengan sistem rally.

Kampus Elektro ITS – (15/02/2015). Peserta Electr4 mengerjakan tantangan merangkain rangkaian logika sederhana.

30 tim terbaik yang lolos babak penyisihan kemudian beradu di babak semifinal yang diselenggarakan di Kampus Elektro ITS pada 14 Februari 2015. Sistem kompetisi pada babak semifinal ini berupa rally. Peserta diberikan waktu hingga 3 jam untuk menuju sebanyak lima belas spot yang telah ditentukan untuk mengerjakan soal dan mengumpulkan poin. Di lima belas spot tersebut terdapat tipe-tipe soal dan juga poin yang berbeda pula. Disinilah semangat dan keseruan para peserta sangat terlihat. Bahkan para peserta sudah berlarian menuju spot-spot tersebut sesaat setelah kompetisi semifinal dimulai.

`Babak final sehari kemudian pada 15 Februari mempertemukan lima tim untuk melakukan kompetisi yang sesungguhnya. Lima tim antara lain Tim Maxwell dari SMA 2 Petra Surabaya, Petra dari SMA Petra 1 Surabaya, Toolkit Smansa dari SMAN 1 Surakarta, Smasa Situbondo dari SMAN 1 Situbondo, dan Arrow dari SMAN 1 Bogor. Kelima finalis tersebut berkompetisi dalam beberapa ronde seperti cerdas cermat dan praktikum. Pada ronde praktikum finalis diberikan permasalahan rangkaian logika sederhana berupa tantangan untuk membuat rangkaian detector bilangan genap untuk kemudian dipresentasikan di depan para juri.

Kampus Elektro ITS – (15/02/2015). Peserta Final Electr4 mempresentasikan hasil rangkaian di depa juri.

Hingga akhirnya babak final melahirkan juara pertama Electr4 yaitu Tim Maxwell, disusul berturut-turut oleh Petra, Arrow, Toolkit Smansa, dan Smasa Situbondo. Terima kasih telah berpartisipasi dalam rangkaian acara Electra. Sampai jumpa di Electra jilid berikutnya! (TAU)

Kampus Elektro ITS – (15/02/2015). Finalis Electr4 berfoto bersama panitia.

 

 

About the author: admin