Kembangkan Usaha dengan Strategi Marketing

Mas Paksi dan Peserta ECG-3

Ketika seseorang berwirausaha, setiap individu pastilah mempunya trik-trik tersendiri agar sesuatu yang mereka jual dapat diterima di pasar. Untuk itu sebuah strategi marketing pastilah sangat di butuhkan. Berdasarkan hal tersebut, maka Departemen Kewirausahaan Himatektro ITS mengadakan ECG-3 yang bertemakan “Sales and Marketing”, bertempat di AJ101 di hari Kamis, 5 Maret 2015. Kali ini pembicara berasal dari alumni Elektro ITS, Paksi Dewandaru e43 yang telah mempunya usaha di bidang minuman dan mempunyai 200 gerai.

Paksi Dewandaru banyak memberi tips marketing kepada para peserta agar bisnis yang dilakukan tidak hanya berjalan ditempat. Karena menurutnya, suatu bisnis tanpa adanya strategi marketing yang baik hanyalah akan menjadi bisnis yang jalan di tempat. Untuk itu perlu diadakannya analisa ketika berbisnis, seperti analisa keunggulan bisnis, situasi pasar, kebutuhan konsumen, dan strategi marketing yang cocok. Sebuah desain dan kemasan juga tak kalah penting. Ketika berbisnis maka juga harus bisa berpikir kreatif, dan fokuslah pada solusi bukan pada masalah.

Penyerahan merchandise kepada Mas Paksi

“Diharapkan mahasiswa dapat menerapkannya pada usaha mereka. Sehingga usaha mereka dapat terus berkembang dengan manajemen marketing yang baik” kata Restantiana. Nantinya ECG-4 juga akan segera dilaksanakan di bulan April. (BIS)

About the author: admin