FKA : Berbagi Kebahagian di Kampung Binaan

fka

Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Mungkin itulah kata kata yang paling tepat untuk merepresentasikan eksistensi kita sebagai makhluk sosial. Salah satu tools untuk merealisasikan tujuan tersebut yaitu dengan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu Departemen Pengabdian Masyarakat HIMATEKTRO ITS mengadakan FKA.

FKA merupakan singkatan dari Fasilitator Kakak Asuh dimana kegiatannya bertujuan memberikan pengajaran sekaligus penanaman nilai moral kepada adik-adik yang berada di kampung binaan tertuju. Selain itu tujuan diadakannya FKA yaitu untuk menumbuhkan kepedulian warga teknik elektro dan teknik multimedia jaringan terhadap pendidikan anak-anak di lingkungan sekitar.

Minggu 08/03/2015, Kegiatan belajar-mengajar bersama adik-adik Kalisari Damen.

Minggu 08/03/2015, Antusias saat belajar-mengajar.

Pada tahun ini, FKA diselenggarakan di Balai RW Kalisari Damen RT 02 RT 03 Mulyorejo, Surabaya. Lokasi tersebut tidak jauh dari kampus ITS. Untuk warga Elektro dan TMJ yang ingin berpartisipasi bisa datang langsung ke kampung binaan atau stand-by di elektro untuk berangkat bersama-sama sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“Ya biasanya kan hari minggu jam 9 kumpul dulu di elbud. Tapi sekarang lihat sikon dulu, kadang diadain sabtu. Jadi emang tiap minggu kita ada publikasi sebelumnya ngasih tau jam berapa, hari apa, ngajar apa. Terus ya tinggal dateng aja kita berangkat bareng-bareng ke kambinnya.” Jelas Bella Dwi Agystin, salah satu penyelenggara FKA.

Minggu 08/03/2015, Senda-gurau membangun keceriaan.

Rangkaian acara pada FKA ini bervariasi, mulai dari mengajar yang materinya telah dikurikulumkan, Penanaman Moral, hingga kuis berhadiah. Saat FKA, warga Elektro dan TMJ bisa membantu mengajar dan berinteraksi dengan adik-adik di kampung binaan.

“Acaranya macam-macam sih. Sudah ada kurikulumnya juga. Jadi misalkan minggu pertama mengajar matematika, minggu kedua bahasa inggris, dan mnggu ketiga IPA terapan. Selain mengajar juga diselipkan pelajaran moral, misalnya gak boleh buang sampah sembarangan, yang sopan, berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan lain-lain. Terus selain itu sebelum pulang, dikasih kuis. Yang bisa jawab dapat hadiah, biasanya dapat boneka dari donatur. kalau enggak di kasih makanan. Trus waktu pulang semua adik-adiknya di kasih jajan” Tambah Bella.

Minggu 08/03/2015, Keseruan di kuis berhadiah.

FKA merupakan salah-satu event yang diselenggarakan dengan dana bantuan e-Charity. E-Charity merupakan upaya penggalangan dana yang dananya digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat. Bagi warga Elektro dan TMJ serta Masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan bisa menghubungi Bella (089678302007). [AKB]

“No one is useless in this world who lighten the burdens of another” -Charless lee-