Belajar Mikrokontroler dengan Arduino

AJ 101 – (4/18/2015). Para peserta pelatihan berfoto bersama.

 

Istilah mikrokontroler sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa teknik elektro. Mikrokontroler sendiri digunakan untuk mengontrol rangkaian elektronik dengan menyimpan program didalamnya. Karena begitu penting fungsi dari mikrokontroler dalam menjalani perkuliahan di jurusan teknik elektro, Divisi Workshop Himatektro ITS pada tanggal 18 April 2015 lalu, bertempat di ruang AJ 102, mengadakan Pelatihan Arduino. Arduino merupakan salah satu jenis mikrokontroler yang memiliki user interface pemrograman yang cukup sederhana dan mudah dipahami para newbie dalam bidangnya. Arduino yang digunakan pun dipilih tipe Arduino Uno yang memiliki harga relatif terjangkau dengan kocek mahasiswa.

AJ 101 – (4/18/2015). Peserta Pelatihan Menyimak Materi yang diberikan

Diikuti oleh sebanyak 15 tim, pelatihan ini mengusung 3 materi yaitu pengenalan arduino, pemrograman shield arduino, dan aplikasi arduino dengan menggunakan bluetooth dan motor servo yang diaplikasikan pada lengan robot. Berbeda dengan banyak pelatihan yang mengundang pembicara dari luar, pembicara pada pelatihan ini merupakan anggota dari divisi workshop sendiri. “Mereka yang bergabung di divisi workshop biasanya berawal dari hobi dan dari hobi ini diharapkan kita bisa sharing ilmu yang kami miliki terutama mengenai pemrograman dan mikrokontroler. ” ujar ketua divisi workshop, Irwan Candra.

Pelatihan yang berlangsung selama 8 jam ini menimbulkan kesan tersendiri bagi pesertanya. “Adanya pelatihan ini membantu banget meskipun masih minim di contoh pengaplikasiannya. Saya sendiri memang sudah tertarik dengan dunia robot dan sering bikin program.”, ujar Nana salah seorang peserta dari angkatan 2014. (MRE)

About the author: admin