Kunjungan PJTD ke Jawapos

 

Graha Pena – (4/10/2015). Para Mahasiswa Teknik Elektro dan TMJ ITS berfoto di ruang redaksi Jawa Pos.

Graha Pena – (4/10/2015). Sebanyak 25 Mahasiswa Teknik Elektro dan TMJ ITS yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) berkunjung ke Jawa Pos untuk mengetahui manajemen keredaksian dan proses pembuatan koran.

Sekitar pukul 13.30 WIB para mahasiswa disambut oleh pihak Jawa Pos yang diwakili oleh Pak Rudy. Pak Rudy yang telah puluhan tahun bekerja di redaksi Jawa Pos memperkenalkan awal berdirinya Jawa Pos hingga kemudian tumbuh menjadi sebuah media informasi yang terkemuka di Indonesia bahkan sampai dunia saat ini. Walau kini dikenal sebagai media informasi terkemuka terutama di bidang media cetak koran, Jawa Pos juga sempat mengalami masa-masa krisis menurut Pak Rudy. Namun sebuah terobosan krusial dilakukan Jawa Pos dengan mengubah midset pembaca koran yang awalnya lebih tertarik membaca di sore hari menjadi membaca di pagi hari.

Graha Pena – (4/10/2015). Pak Rudy menjelaskan tentang manajemen keredaksian dan proses pembuatan koran Jawa Pos.

Bertempat di Ruang Redaksi Jawa Pos, para mahasiswa juga berdiskusi tentang manajemen keredaksian dan juga dunia jurnalistik. Para mahasiswa berdidkusi dengan Pak Rudy tentang proses kerja seorang wartawan dalam mencari informasi, kemudian dikumpulkan hingga memuju proses editing oleh editor, sampai akhirnya informasi tersebut dicetak dalam koran dan disebar ke berbagai penjuru tanah air dalam waktu kurang dari sehari. Semua proses pembuatan koran tersebut memerlukan tanggung jawab tinggi dalam mengelola informasi yang akan disampaikan baik dari segi isi berita dan gaya penyampaiannya maupun dari segi standar prosedurnya. Maka dari itu bekerja di dunia jurnalistik khususnya keredaksian sebuah media informasi ini selalu penuh tantangan. (TAU)

Graha Pena – (4/10/2015). Para mahasiswa yang berkunjung berfoto di depan Graha Pena.

About the author: admin