Kembangkan Bakat Puluhan Jurnalis Muda dengan Ber-AKSI

Sabtu (05/03/16) – Teknik Elektro ITS. Foto bersama peserta dan panitia BMS (Foto : AKB)

Banyak dikalangan awam beranggapan bahwa jurnalistik itu wartawan. Tidak ada salahnya mengdefinisikan seperti itu karena itu benar, tetapi sebenarnya ilmu jurnalistik itu mempunyai arti yang luas. Jurnalistik bukan hanya tentang itu saja, tetapi dalam kegiatan penyelidikan, penulisan, penyuntingan, bahkan dalam penyebaran ke masyarakat itu salah satu dari jurnalistik. Untuk itu pada tanggal 5 Maret 2016 yang bertepatan dengan hari Sabtu, Departemen Komunikasi dan Informasi HIMATEKTRO ITS telah mengadakan sebuah pelatihan jurnalistik yang kini bernama Basic Media Schooling (BMS).

Dengan tema “AKSI: Aktif, Kreatif dan Investigatif”, pelatihan ini diadakan selama sehari di Ruang AJ 102 Teknik Elektro ITS. Menurut Irfan Nanda Gustri, selaku Ketua Panitia BMS, tema ini dipilih untuk meningkatkan iklim jurnalistik di lingkungan Jurusan Teknik Elektro, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Teknik Biomedik. Di dalam lingkungan sekitar seorang jurnalis mampu cepat tanggap melakukan sebuah penyelidikan dan peninjauan yang jika diolah dapat menjadi suatu informasi. Selain itu, seorang jurnalis harus mampu menyajikan informasi tersebut dengan mengekspresikan informasi yang dibawa dengan tepat.

Sabtu (05/03/16) – Ruang AJ 102. Suasana peserta dan pembicara Basic Media Schooling. (Foto : AKB)

31 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Teknik Biomedik angkatan 2014 dan 2015 yang merupakan peserta BMS kali ini mendapat materi-materi dasar jurnalistik seperti Wawasan Jurnalistik Dasar dan Pers ITS, Teknik Penulisan Berita, Teknik Wawancara dan Reportase, Dasar Desain, dan Teknik Dasar Fotografi dan Videografi. Di akhir pelatihan, peserta dibagi menjadi sepuluh kelompok untuk mengikuti simulasi total. Simulasi total dilakukan dengan mencari sebuah berita internasional yang kemudian disajikan menjadi sebuah berita.

Dengan adanya pelatihan ini, menumbuhkan iklim jurnalistik yang nantinya akan melahirkan seorang jurnalis-jurnalis handal yang mampu menggerakkan yang bukan saja di lingkungan jurusan tetapi sampai di luar jurusan, serta menjadi orang yang bermanfaat. [ING]

About the author: admin