Bangun Aplikasi Teknologi hingga Dangdutan Bareng di ELEKTRODA

Kampus Elektro ITS (10/4/2015) – (dari kiri ke kanan) Cak Faqih, Verdiansyah, dan Pak Ardyono memberikan arahan sebelum keberangkatan.

Kab. Pasuruan, 10/04/2016 – Tiga pilar Elektro ITS sinergis mengadakan kegiatan bakti sosial bertajuk Elektro Peduli Desa (ELEKTRODA) pada Hari Minggu, 9 April 2016 lalu. Kegiatan yang berlangsung di Desa Karangjati, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan ini merupakan realisasi proyek sosial yang telah direncanakan oleh tiga pilar yaitu Alumni, Jurusan, dan Himpunan Mahasiswa sejak tiga bulan sebelumnya. “Meskipun dengan persiapan yang padat untuk event sebesar ini, namun berkat sinergitas dengan alumni dan jurusan serta dukungan beberapa sponsor HIMATEKTRO ITS akhirnya mampu mewujudkan kegiatan turun ke desa ramai-ramai seperti hari ini” ungkap Hilmy Kharisma selaku Ketua HIMATEKTRO ITS.

“Hari ini kita datang kesini tidak hanya untuk memberi sesuatu, tapi juga harus belajar sesuatu. Kita harusnya memahami mengapa kita diciptakan dengan satu mulut dan dua telinga. Kita harus lebih banyak mendengar” ungkap Cak Faqih salah satu alumni e12 menganalogikan dalam sambutannya. Sejauh ini masalah besar yang dihadapi Desa Karangjati yaitu sulit terjangkau sinyal selular dan juga krisis air. Setiap tahun mulai Bulan September hingga datang musim hujan desa ini selalu kekurangan air. Selain itu pernikahan dini juga menjadi masalah yang perlu diatasi sedikit demi sedikit. “Kami sangat senang untuk pertamakalinya didatangi mahasiswa seperti ini, meskipun hanya sehari saya berharap kehadiran mahasiswa-mahasiswa dan juga para dosen ini mampu menjadikan desa dan masyarakat disini berkembang” tutur Sulastin selaku Kepala Desa Karangjati.

Balai Desa Karangjati (10/4/2016) -Ketua HIMATEKTRO ITS, Jurusan, IKAELITS, Ketua Kecamatan, dan Kades berfoto untuk penyerahan bantuan secara simbolis.

ELEKTRODA yang diikuti juga oleh mahasiswa elektro angkatan 2015 dimulai dengan keberangkatan menggunakan enam buah bis dan beberapa mobil pribadi. Kegiatan sosial yang dilakukan yaitu berupa kerja bakti lingkungan desa, pengajaran cita-cita, penyuluhan pencegahan DBD dan nikah muda, pelatihan kerajinan tangan dari bahan kulit jagung, aplikasi teknologi, hingga hiburan berupa dangdutan bareng. Aplikasi teknologi yang dibangun yaitu pemasangan repeater untuk memperkuat sinyal di Desa Karangjati dan juga sumbangan alat peraga listrik sederhana sebagai inisiasi Rumah Teknologi yang akan dibangun dalam jangka waktu panjang. [TUF]

Desa Karangjati (10/4/2016) – Mahasiswa Teknik Elektro kerja bakti lingkungan Desa Karangjati.

Desa Karangjati (10/4/2016) – Penyuluhan pencegahan DBD oleh mahasiswa dari rumah ke rumah.

Desa Karangjati (10/4/2016) – Mahasiswa Elektro dan anak-anak Desa Karangjati berfoto usai pengajaran penanaman cita-cita.

Balai Desa Karangjati (10/4/2016) – Ibu-ibu Desa Karangjati membuat kerajinan dari kulit jagung.

Balai Desa Karangjati (10/4/2016) – Warga Desa Karangjati dan para mahasiswa menikmati hiburan dangdut bersama.

Serunya kegiatan ELEKTRODA dapat dilihat di album facebook berikut: Album ELEKTRODA

About the author: admin