DUDUK, BERPIKIR SEJENAK

“Your world is falling apart and all you can do is watch,” -Saf Dawnheart
Salah satu quote favoritku yang tidak jarang terngiang-ngiang di pikiran. Apalagi, mengingat bahwa pada tahun ini, akan banyak tantangan dan guncangan yang harus dihadapi, baik secara perseorangan maupun individu.
Tulisan ini akan secara satu sisi lebih ditujukan kepada keluargaku tercinta, e55
Kita semua tahu, 26 Januari silam, secara tertulis dan resmi kita berpisah dari Fakultas Teknologi Industri, yang sudah hampir 34 tahun bersama baik suka maupun duka. Aku pun masih ingat, dulu ketika aku masih mahasiswa yang tidak tahu banyak, rumor mendirikan fakultas sendiri sudah banyak berkembang. Entah apa tujuan dan dasarnya, apakah karena ingin membanggakan sebuah kebesaran sendiri tanpa terikat dengan yang lain, atau apalah. Dan dulu, aku hanya ‘mantuk-mantuk’ alias setuju-setuju saja, karena sepertinya nama Fakultas Teknologi Elektro [ yang sebelumnya namanya ditambahkan Biomedika, kemudian diganti Multimedia dan pada akhirnya tidak ditambahkan ] terdengar keren, cool, bisa punya fakultas sendiri.
Namun, apakah aku yang sekarang bisa berpikiran demikian pula?
Ketahuilah kawan, kita HIMATEKTRO adalah satu dari sejumlah kecil himpunan yang menaungi lebih dari satu jurusan. Restrukturisasi fakultas yang dicananangkan atas dasar pengelompokan bidang ilmu secara sebelah mata tidak akan menimbulkan banyak masalah.
Kalau orang awam bilang, “Ya tinggal sedikit penyesuaian, NRP ganti, kemahasiswaan berubah tidak banyak, secara teknis segala hal yg berhubungan dengan administrasi dan birokrasi tinggal menyesuaikan,”
Ada 1 hal yang tentu saja membingungkan hampir semua anggota KM ITS ‘yang setidaknya memikirkan hal ini’
Restrukturisasi fakultas, perombakan fakultas dan anggota fakultas, penambahan jurusan, dan lain-lain.
Satu kata : BEM-F
Dengan berpisahnya HIMATEKTRO dari FTI, kita tidak akan punya wadah untuk segala kegiatan dalam lingkup fakultas. Yang menjadi pertanyaan besar bagi kita bersama adalah : apa definisi fakultas bagi kita?
Secara, selama ini kita telah berhimpun, menjadi satu angkatan bersama dalam satu himpunan, HIMATEKTRO. Kalau 3 jurusan yang bersama ada di bawah himpunan, lantas, apa definisi fakultas bagi kita?
Mungkin lantas kita akan berpikir, “ah buat himpunan aja masing-masing,” – dalam konteks berpikir seperti ini, apakah juga terpikir bagaimana nantinya himpunan tersebut? Resource TMJ – TK, mohon maaf – bisa dibilang mencukupi, tapi bagaimana dengan Biomedik?
Jika berpikir “Lebih baik kita tetap seperti ini aja, toh sampai sekarang juga tidak ada masalah,” – ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan ; Pertama, apakah ada jaminan bahwa mahasiswa Elektro, TK, dan Biomedik akan tetap seperti ini? Bagaimana jika nantinya mahasiswa TK dan Biomedik +/- 100 orang? Dan yang kedua, siapa yang akan mengadakan kegiatan tingkat fakultas? LKMM Pra TD, PP LKMM, LKMM TM, kegiatan yang akan menyatukan mahasiswa FTE seperti Redformation, yang akan bergerak di bidang sosmas untuk FTE?
Jikalaupun memang mau mengambil resiko dan segala kegiatan fakultas tetap diadakan himpunan, tentu saja akan butuh resource yang amat sangat besar, koordinasi berlapis, dan : bukannya dalam mubes diatur lembaga eksekutif dalam berbagai tingkatan? [ saya tidak akan melampirkan data, karena saya juga kurang paham dalam hal itu ]
Mungkin sekarang perubahan itu belum terasa. Namun kedepannya, tentu saja akan semakin lama semakin mengena dampaknya. Ingat: ini adalah tahun pertama FTE, dan FTE akan tetap terus ada untuk tahun-tahun selanjutnya jika tidak ada kebijakan lain.
Apapun yang kita pikirkan dan putuskan sekarang, akan berdampak panjang. Camkan hal itu.
Dan teruntuk angkatanku tercinta, ingatlah juga bahwa tahun depan kitalah yang akan memegang sistem. Jika kita tidak siap, mau jadi apa Elektro yang [katanya] kritis, yang [katanya] besar dan tertua [tapi acak-acakan] ?
Refleksikan bacaan ini, untuk saya sendiri, untuk anda yang merasa mahasiswa Elektro, TK, maupun BME. Angkatan berapapun, dimanapun anda berkontribusi. Bisa jadi anda dikenal di lingkup BEM ITS, UKM, Robotika, dll. Tapi ingatlah kembali, bahwa anda adalah mahasiswa Elektro, TK, BME. Selalu ingatlah rumah untuk pulang, yang akan selalu menerimamu kapanpun.
Jika rumahmu terkena gempa, akankah kamu berdiam saja? Akankah kamu tetap beraktivitas layaknya tidak ada hal yang terjadi?
Mari duduk dan berpikir.
*notes : jika anda sempat berpikir tl:dr, aku hanya berharap semoga engkau tidak kaget dengan perubahan yang akan datang
Ditulis oleh
Mahasiswa yang berusaha untuk peduli
Ahmad Fauzi Aulia
2215100114
5914
#ArticleChallengeFTE

About the author: admin