FTE : Pengembangan atau Kemunduran? Peluang dalam Perubahan

Tercatat pada bulan januari 2017, ITS melakukan restrukturisasi fakultas dengan menambah 3 fakultas baru yakni FTE, FBMT dan juga F-Vokasi, dengan penambahan 2 fakultas baru lagi yang terbentuk pada september 2017 yakni FIA dan FSLDK. Himatektro, yang menaungi seluruh anggota mahasiswa dari departemen yang ada di FTE, tentunya akan terkena dampak dari restrukturisasi fakultas ini.
Kenapa restrukturisasi fakultas?
Peraturan Rektor No 10 tahun 2016 yang berisi tentang pembentukan FTE, serta PP no. 54 tahun 2015 tentang statuta Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang menyatakan bahwa fakultas di ITS merupakan himpunan sumber daya yang menaungi satu rumpun disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Walaupun FTE sendiri tidak banyak berbeda dari rumpun yang ada di FTI, namun dengan perkembangan yang pesat membuat rumpun keilmuan di FTE dapat berkembang dengan lebih spesifik lagi. Selain itu, status ITS yang menjadi PTN-BH penuh pada januari 2017 memudahkan ITS untuk mengatur kemahasiswaan yang ada di dalamnya.
Dampak bagi mahasiswa FTE?
Dengan pengembangan keilmuan yang lebih spesifik, maka pengembangan riset dari departemen yang ada di FTE akan menjadi lebih mudah. Administrasi kemahasiswaan juga akan menjadi lebih cepat. Selain itu, karena rumpun keilmuan yang lebih spesifik, kurikulum di FTE kemungkinan besar akan ditinjau ulang kembali, contohnya mata kuliah UPMB yang masih mengikuti rumpun keilmuan FTI akan ditinjau kembali agar menyesuaikan keilmuan FTE. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah saat anggota Himatektro menjadi bagian dari mahasiswa FTE maka pendanaan untuk kegiatan kemahasiswaan tingkat fakultas akan berada di dekanat FTE, sedangkan yang bisa mengambil pendanaan itu hanyalah ormawa kemahasiswaan yang menaungi kegiatan tingkat fakultas yang setara dengan BEM fakultas. Saat ormawa tersebut belum terbentuk, maka pendanaan tersebut akan disimpan oleh dekanat. Lantas bagaimana dengan kegiatan kemahasiswaan seperti LKMM Pra-TD, LKMM TM, PKTI serta The Real FOG? Karena dengan Himatektro keluar dari Himpunan yang dinaungi oleh BEM FTI, maka otomatis anggota Himatektro tidak dapat lagi mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Tanpa BEM FTI, apakah Himatektro sendiri sanggup melaksanakan seluruh kegiatan kemahasiswaan tersebut tanpa bantuan dari dekan FTE?
Urgensitas pembentukan BEM FTE?
Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa ITS tidak pernah memaksa terbentuknya sebuah BEM. Namun akan sangat disayangkan apabila tidak adanya ormawa yang menaungi kegiatan kemahasiswaan yang berada di lingkup FTE. Oleh karena itu, pembentukan sebuah ormawa tingkat fakultas tentunya perlu melihat dulu dari kebutuhan para mahasiswa yang ada di fakultas tersebut. Sehingga sebelum persoalan ini dibawa untuk dibahas lebih lanjut pada mubes V yang kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan april 2017 mendatang, perlunya dilakukan peninjauan sebenarnya kebutuhan apa yang benar-benar diperlukan oleh mahasiswa FTE di masa mendatang, karena sejatinya ormawa tidak terbentuk dari Mubes, melainkan dari kebutuhan mahasiswa yang berada di dalamnya. Apakah perlu terbentuknya ormawa yang menaungi kegiatan kemahasiswaan tingkat fakultas? Serta bentuk ormawa seperti apa yang akan terbentuk?
Kesiapan mahasiswa FTE dan anggota Himatektro?
Jika ditanya tentang kesiapan, tentunya animo anggota Himatektro tidak hanya akan terfokus pada restrukturisasi fakultas saja. Big Event jurusan yang kembali pada tahun ini, tim kaderisasi yang terbentuk pada kepengurusan ini juga membawa bentuk kaderisasi yang berbeda dengan sebelumnya, serta persiapan pembentukan himpunan mahasiswa baru dari departemen yang ada di FTE. Dari animo yang ada sekarang pun, rasanya akan percuma apabila pembentukan FTE tidak disertai dengan pengawalan yang baik dari anggota Himatektro.
Yang perlu dilakukan sekarang?
Dampak yang akan terjadi ke depannya, baik ataupun buruk kembali lagi kepada pengawalan yang akan dilakukan oleh kita sebagai anggota dari Himatektro. Akan terdapat banyak peluang dari perubahan ke depan, duduk diam tidak akan merubah keadaan. Marilah kita sebagai mahasiswa FTE sekaligus anggota himatektro bersama mengawal pembentukan fakultas baru ini agar dapat mengembangkan Himatektro beserta FTE menjadi lebih baik lagi.
Khataman Dharmawan
5878
22 15 100 062
#ArticleChallengeFTE
#semogabermanfaat

About the author: admin