Health Day

Tahukah kalian bahwa mahasiswa ITS memiliki isu terkait kondisi kesehatan yang buruk? Dikutip dalam situs old.its,ac,id, komandan Korps Suka Rela (KSR) ITS, Rahman Adi Nugroho mengungkapkan bahwa latar belakang tingginya angka kolesterol mahasiswa ITS disebabkan oleh beberapa hal. “Salah satunya dari makanan yang dikonsumsi. Kebanyakan kan goreng-gorengan dan penyetan. Belum lagi minyak yang dipakai baik atau tidak,” ujar Adi. Beberapa ormawa di ITS telah melakukan pengawalan agar dapat menjaga kesehatan anggotanya di tengah kesibukan kuliah mereka. Didasari oleh keinginan yang sama, Departemen Kesejahteraan Masyarakat Himatektro pada kepengurusan ini mulai menginisiasi kegiatan khusus untuk mahasiswa Fakultas Teknik Elektro agar memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat yang dinamakan dengan “Kesma Health Campaign”.

Dengan bantuan dana dari jurusan, Kesma Health Campaign telah sukses melaksanakan kegiatan perdananya melalui aksi bagi susu secara gratis kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Elektro di Plasa Teknik Elektro mulai pukul 07.00 pagi dengan harapan dapat mendorong mahasiswa untuk bangun pagi sekaligus membantu memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Menariknya, Departemen Kesma menyertakan selembar kertas pada kemasan susu yang berisi fun fact tentang susu untuk menambah wawasan mahasiswa.

Tentunya ada kendala yang dihadapi dalam menyiapkan kegiatan ini, salah satunya yaitu grosir susu yang jarang ditemui di sekitar wilayah ITS. Meskipun begitu, Departemen Kesma berhasil mendapatkan susu sebanyak 60 kotak untuk dibagikan kepada warga, dan dalam waktu yang singkat semua kotak susu itu habis. “Hasilnya sesuai ekpektasi,” kata rizal salah satu staff kesma yang cukup puas dengan animo warga tersebut.
Kesma Health Campaign masih memiliki beberapa serangkaian kegiatan lainnya. Setelah kegiatan pertama mereka dengan pembagian susu secara gratis, akan dilihat statistik untuk evaluasi demi merancang kegiatan selanjutnya agar lebih baik. “Oya, bila teman-teman memiliki saran tentang kegiatan yang cocok untuk Kesma Health Campaign, bisa kirim opini ke mading kesma” pesan Yanik, penanggung jawab Kesma Health Campaign. Yuk jaga kesehatanmu! [ADN]

About the author: admin