Incip Incip ke Campina

Jumat, 3 Maret 2017 lalu, Departemen Hubungan Luar Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro ITS mengadakan kegiatan Institution and Company Roadshow ke PT. Campina Ice Cream Industry yang berlokasi di Rungkut Industry II no. 17. Kunjungan ini diikuti oleh 42 orang mahasiswa baru Departemen Teknik Elektro dan Teknik Komputer angkatan 2016 dan didampingi oleh 3 orang mahasiswa angkatan 2015 serta 2 orang mahasiswa angkatan 2014. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru mengenai bidang keprofesian di perusahaan dan membina hubungan baik dengan pihak perusahaan yang dikunjungi serta menambah profesionalitas, wawasan, dan pengaplikasian ilmu.
Bentuk kegiatan kunjungan pabrik ini terdiri dari 3 sesi, yakni materi, diskusi, dan plan tour. Pada sesi materi, mahasiswa baru diberi penjelasan materi, sejarah perusahaan serta bagian-bagian dari perusahaan. Pada sesi materi ini mahasiswa baru dibawa ke dalam sebuah ruangan forum yang ada di PT. Campina Ice Cream Industry untuk mendengarkan langsung pemaparan berupa presentasi oleh Bapak Sukaryono, salah satu penanggung jawab Factory Tour PT. Campina Ice Cream Industry. Pemaparan mengenai perusahaan ini bermula dari sejarah munculnya ice cream di dunia hingga sejarah berdirinya perusahaan PT. Campina Ice Cream Industry tersebut. Tidak hanya itu, pada sesi ini juga dijelaskan segala hal mengenai produk ice cream PT. Campina dan cara pembuatan ice cream secara umum. Setelah sesi materi berakhir, dilanjutkan dengan sesi diskusi.
Sesi diskusi merupakan sebuah sesi dimana mahasiswa baru bisa bertanya atau berdiskusi dengan pihak perusahaan terkait mengenai perusahaan. Mahasiswa baru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Bahkan ada yang berniat untuk membangun perusahaan ice cream sendiri setelah megetahui omset yang diterima PT. Campina Ice Cream Industry ini yang bisa mencapai 18 milyar setiap bulannya.
Setelah sesi diskusi berakhir, mahasiswa baru diajak untuk mengunjungi ruang Avatar untuk menikmati kelezatan produk es krim PT. Campina. Dan yap, gratis hehe. Pada sesi ini, mahasiswa baru kembali ditanya mengenai hal-hal yang dipresentasikan sebelumnya dan akan mendapatkan ice cream tambahan jika mereka dapat menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai menikmati ice cream, mahasiswa baru diberi shower cap sebagai salah satu kelengkapan untuk berkeliling pabrik. Pada sesi plan tour atau factory tour ini, mahasiswa baru akan diajak berkeliling pabrik untuk mengetahui secara langsung mengenai pengaplikasian bidang ilmunya di perusahaan.
Pertama-pertama, seluruh mahasiswa baru diajak untuk berkeliling di dalam pabrik sambil diperkenalkan mengenai bagaimana proses pembuatan ice cream secara langsung. Kemudian, mereka semua diajak untuk masuk ke ruangan penyimpanan ice cream yang telah jadi dan siap untuk dipasarkan. Ruangan ini bersuhu hingga -30o C. Tentu saja sebelum memasuki ruangan tersebut, seluruh mahasiswa baru dibekali dengan baju hangat yang akan melindungi mereka dari dinginnya ruangan tersebut. Hingga pada akhirnya mereka memasuki ruangan tersebut dan merasakan betapa dinginnya. Bahkan mereka pun sulit untuk bernapas secara normal, karena aliran pernapasan pun terasa membeku. Setelah merasa cukup berada di ruangan penyimpanan ice cream ┬Čtersebut, semuanya pun keluar dan mengembalikan baju hangat lalu berfoto di tempat yang telah disiapkan. Tidak lupa, kita pun membeli beberapa ice cream produk PT. Campina. Dan akhirnya, kita pun berpamitan dan kembali menuju kampus ITS.

About the author: admin