Elektroda

Elektro Peduli Desa merupakan sebuah wadah bagi seluruh elemen Fakultas Teknologi Elektro, khususnya mahasiswa, untuk menumpahkan rasa kepedulian yang dimilikinya serta kerinduan untuk menyalurkan ilmunya untuk masyarakat luas.

Desa Karangjati merupakan sebuah desa binaan yang telah dibina sejak Elektroda lahir, yaitu satu tahun yang lalu. Di desa ini, banyak anak yang merokok sejak kecil, gadis belia yang sudah menikah sejak lulus sekolah dasar, dan maraknya perceraian. Karena itulah, mahasiswa beserta seluruh stakeholder FTE memberikan seluruh empatinya untuk mangadakan kegiatan bakti sosial di desa ini.

Menurut Christian, penanggung jawab Elektroda 2017, di tahun ini Elektroda jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa FTE telah tersebar merata bagi seluruh warga. Misalnya,  di tahun ini penyuluhan tentang demam berdarah, bahaya narkotika, pernikahan dini, dan pentingnya pendidikan telah diberikan baik kepada orang tua maupun anak-anak. Pembelajaran tentang Microsoft Office dan CorelDRAW juga telah diberikan kepada anggota karang taruna di desa Karangjati, sasarannya agar anak-anak dan pemuda Karangjati melek teknologi serta bisa mendesain suatu produk untuk diperjualbelikan nantinya. Selain itu mahasiswa FTE mengajak serta seluruh warga desa untuk melakukan kerja bakti membersihkan selokan, mengajari anak-anak tentang rangkaian listrik seri dan paralel sederhana, dan melatih ibu-ibu membuat kerajinan tangan dari kulit jagung dengan tujuan menjadikan mereka mandiri dengan menjual hasil kerajinan tangan yang mereka buat.

Seluruh warga Karangjati, stakeholder dan mahasiswa FTE merasa bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Karangjati dan bisa menjadi contoh bagi himpunan lainnya. Hal ini menjadi semangat bagi Himatektro untuk terus mengadakan Elektroda di tahun-tahun yang akan datang.

About the author: admin