Pada tanggal 11 Febuari 2018 selesai sudah serangkaian acara pertama dari big event Fakultas Teknologi Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (FTE ITS) yaitu Electrical Competition Tour and Rally 7 atau disingkat Electra 7. Serangkaian acara yang di hadiri oleh 1965 tim atau 5895 peserta di seluruh Indonesia ini menyisakan satu tim juara pertama yang mendapatkan hadiah berupa free pass S1 Teknik Elektro ITS.

Babak penyisihan dilaksanakan di 15 region dan juga via tes online. Untuk penyisihan pada region Surabaya sendiri terlihat lebih megah dalam pembukaannya. Dengan long banner yang menutupi gedung AJ dibuka bersamaan dengan dipukulnya gong oleh Dekan FTE Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T. sebagai penanda peserta melaksanakan tes. Di babak penyisihan ini peserta melaksanakan tes tulis dengan subjek elektro, fisika, matematika, komputer.

Kemudian di babak perempat final pada tanggal 10 Febuari 2018 peserta kembali melakukan tes tulis seperti penyisihan. Dari 240 tim yang lolos di perempat final, akan dipilih 60 tim yang lolos ke semifinal. Para peserta perempat final mendapat fasilitas berupa tour lab yang bertujuan untuk membuka wawasan para peserta mengenai ranah ilmu departemen-departemen di FTE.

Babak semifinal dilaksanakan siang hari dengan sistem rally dimana para peserta harus melewati 25 pos yang beraneka ragam dan tersebar di sekitar FTE untuk menyelesaikan tabel bingo yang mereka miliki. Alhasil, didapatkan 10 finalis yang akan bertanding pada final di Petrokimia Gresik esoknya.

Kemudian dilaksanakan babak final di Petrokimia Gresik. Babak final secara simbolis dibuka oleh Rektor ITS Joni Hermana, Ir., MScES., Ph.D. Pada babak ini peserta melewati dua babak yaitu cerdas cermat serta tes alat. Pada babak cerdas cermat peserta diharuskan untuk cekatan dalam berfikir sehingga dapat menjawab soal lebih dahulu. Sedangkan pada babak terakhir yaitu tes alat, peserta dilatih oleh para asisten laboratorium Eletronika kemudian diharuskan membuat sensor suhu menggunakan rangkaian sederhana. Juara 1 dan 2 pun diraih oleh tim Apel Malam dan Makan Pagi dari SMA Taruna Nusantara. Sedangkan juara 3 diraih oleh tim Gass_Blar dari SMAN 1 Surakarta.

Muhammad Rafin Aqsa selaku ketua Electra 7 berharap electra bukan hanya menaungi 15 region namun seluruh Indonesia dan Dunia. “Semoga peserta nya lebih banyak dari tahun ini, dan semoga bisa sampai Go International.” Ujarnya. [AZA]

Categories: Event

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *