Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro-ITS yang selanjutnya disebut HIMATEKTRO-ITS adalah organisasi kemahasiswaan eksekutif yang menghimpun mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS, bersifat mandiri, egaliter, demokratis, profesional, dan proaktif, serta berperan dalam mengembangkan dan membina potensi sumber daya mahasiswa Teknik Elektro ITS (berdasarkan: AD/ART HIMATEKTRO 2009).

Himatektro ITS didirikan tahun 1981, bersamaan dengan terbentuknya Jurusan Teknik Elektro ITS, yang sebelumnya berbentuk fakultas dengan nama Fakultas Teknik Elektro. HIMATEKTRO-ITS merupakan Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) pertama yang ada di ITS dengan ketua himpunan (KAHIMA) pertama, Tjahyono Himawan.

Logo HIMATEKTRO-ITS

Lambang HIMATEKTRO-ITS sama dengan lambang Jurusan Teknik Elektro ITS,  terbentuk pada kepengurusan tahun 1990, oleh angkatan tahun 1986 (E-26) dan diresmikan tahun 1991. Filosofi dari lambang tersebut antara lain: tujuh potongan yang ada dalam formasi huruf e merujuk pada tujuh lapisan pada OSI Layer, pola yang digunakan dalam proses telekomunikasi, dan kemiringan huruf e  sebesar lima belas derajat) merujuk pada sudut kritis.